Saturday, June 23, 2012

Google Docs



Di dalam Google docs ini sangat cocok untuk mahasiswa, pekerja kantor dan professional yang senang bekerja kelompok, karena ada fitur dari Google Docs yang membuat sebuah dokumen yang dibuat di Google Docs dapat di bagi ke orang-orang pemilik akun Google dengan pilihan aksesibilitas, seperti read only (hanya dapat membaca) atau editable (dapat mengedit dokumen) dengan  memilih can edit pada sharing settings dokumen. Nah selain itu Google docs juga dapat menjadi alternatif bagi orang-orang yang jujur seperti saya (preettt!) untuk menggunakan program gratisan dibandingkan membajak program Microsoft Office, karena kita tahu bahwa membajak program kata bang Rhoma itu Haram! (padahal ada Open Office sih yang gratisan)
Nah, karena fitur yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari (terutama mahasiswa) dokumen-dokumen text dan presentasi, maka kali akan saya coba jabarkan cara-cara menggunakan Google Docs untuk pemula.
1. Sebelum masuk ke dalam Google Docs, pastikan kalian sudah memiliki akun universal Google. Apa itu akun universal Google? Jadi sekarang Google sudah mengintegrasikan akun Gmail untuk semua layanan fasilitas Google. Nah, kalau udah punya Gmail, gunakan akun itu untuk semua fasilitas Google.
2. Setelah pastikan anda memiliki aklun Google, sekarang saya minta anda untuk yakinkan diri anda bahwa anda sudah memiliki akun Google, kalau belum yakin silahkan kembali ke langkah pertama :D.

Raksasa mesin pencari kembali meluncurkan fitur baru pada layanan office online Google Docs berupa “research pane”.
Sejak tahun lalu, Google telah bekerja keras untuk memperbaiki aplikasi office online Google Docs. Sejak tahun lalu Google Docs telah mengalami 200 perubahan.
Seperti yang dikutip dari CNET, beberapa waktu yang lalu Google juga telah menambah 450 font baru dan 60 template baru untuk Google Docs, kini Google menambahkan fitur research pane.
Tak hanya itu, raksasa internet ini juga meningkatkan kapasitas penyimpanan hingga 5 GB dan memungkinkan pengguna menyimpan email mereka di Gmail sebagai dokumen Google Docs.
Apa fungsi fitur baru bernama research pane ini? Panel research ini berfungsi untuk membantu pengguna untu mencari fakta-fakta yang berkaitan dengan dokumen yang sedang ditulis pengguna.
Pengguna dapat menambahkan informasi yang ditemukan oleh panel research ini dan menambahkan ke dokumen yang sedang dikerjakan menggunakan tombol insert.
Tak hanya informasi saja yang dapat ditambahkan, namun juga gambar dan catatan kaki. Pengguna cukup melakukan drag-n-drop saja untuk menambahkan gambar dari panel research ke dokumen.

Sumber :

No comments:

Post a Comment