Di dalam Google
docs ini sangat cocok untuk mahasiswa, pekerja kantor dan professional yang
senang bekerja kelompok, karena ada fitur dari Google Docs yang membuat sebuah
dokumen yang dibuat di Google Docs dapat di bagi ke orang-orang pemilik akun
Google dengan pilihan aksesibilitas, seperti read only (hanya dapat membaca)
atau editable (dapat mengedit dokumen) dengan memilih can edit
pada sharing settings dokumen. Nah selain itu Google docs juga dapat menjadi
alternatif bagi orang-orang yang jujur seperti saya (preettt!) untuk
menggunakan program gratisan dibandingkan membajak program Microsoft Office,
karena kita tahu bahwa membajak program kata bang Rhoma itu Haram! (padahal ada
Open Office sih yang gratisan)
Nah, karena fitur
yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari (terutama mahasiswa)
dokumen-dokumen text dan presentasi, maka kali akan saya coba jabarkan
cara-cara menggunakan Google Docs untuk pemula.
1. Sebelum masuk
ke dalam Google Docs, pastikan kalian sudah memiliki akun universal Google. Apa
itu akun universal Google? Jadi sekarang Google sudah mengintegrasikan akun
Gmail untuk semua layanan fasilitas Google. Nah, kalau udah punya Gmail,
gunakan akun itu untuk semua fasilitas Google.
2. Setelah
pastikan anda memiliki aklun Google, sekarang saya minta anda untuk yakinkan
diri anda bahwa anda sudah memiliki akun Google, kalau belum yakin silahkan
kembali ke langkah pertama .
Raksasa mesin
pencari kembali meluncurkan fitur baru
pada layanan office online Google Docs berupa “research
pane”.
Sejak tahun lalu, Google
telah bekerja keras untuk memperbaiki aplikasi office online Google Docs. Sejak
tahun lalu Google Docs telah mengalami 200 perubahan.
Seperti yang
dikutip dari CNET, beberapa waktu yang lalu Google juga telah menambah 450 font
baru dan 60 template baru untuk Google Docs, kini Google menambahkan fitur
research pane.
Tak hanya itu,
raksasa internet ini juga meningkatkan kapasitas penyimpanan hingga 5 GB dan
memungkinkan pengguna menyimpan email mereka di Gmail sebagai dokumen Google
Docs.
Apa fungsi fitur
baru bernama research pane ini? Panel research ini berfungsi untuk membantu
pengguna untu mencari fakta-fakta yang berkaitan dengan dokumen yang sedang
ditulis pengguna.
Pengguna dapat
menambahkan informasi yang ditemukan oleh panel research ini dan menambahkan ke
dokumen yang sedang dikerjakan menggunakan tombol insert.
Tak hanya
informasi saja yang dapat ditambahkan, namun juga gambar dan catatan kaki.
Pengguna cukup melakukan drag-n-drop saja untuk menambahkan gambar
dari panel research ke dokumen.
Sumber :
No comments:
Post a Comment