Tuesday, October 30, 2012

Karangan non ilmiah



     Sebelumnya saya telah membahas karangan ilmiah dan karangan semi ilmiah. Kali ini pun saya tetap membahas tentang suatu karangan yang lebih tepatnya karangan non ilmiah. Mari kita kaji lebih dalam tentang karangan non ilmiah.

    Karangan non-ilmiah atau karya non-ilmiah adalah karangan yang menyajikan fakta pribadi tentang pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, bersifat subyektif, tidak didukung fakta umum, dan biasanya menggunakan gaya bahasa yang popular atau biasa digunakan (tidak terlalu formal).

1.      Penelitian non ilmiah

A.    Berdasarkan Spesialisasi Bidang (ilmu) garapannya : Sebagian penelitian yang non ilmiah didapati pada bidang garapan sebagai berikut :

•   Bisnis (Akunting, Keuangan, Manajemen Pemasaran
•   Komunikasi (Massa, Bisnis, Kehumasan / PR,Periklanan)
•   Hukum (Perdata, Pidana, Tatanegara, Internasional)
•   Pertanian (agribisnis, Agronomi, Budi Daya Tanaman,
     Hama Tanaman)
•   Teknik, Ekonomi (Mikro, Makro, Pembangunan), dll.



B.     Berdasarkan dari hadirnya variabel (ubahan) :

         variabel adalah hal yang menjadi objek penelitian, yang ditatap, yang menunjukkan variasi baik kuantitatif maupun kualitatif. Variabel : masa lalu, sekarang, akan datang. Penelitian yang dilakukan dengan menjelaskan/ menggambar-kan variabel masa lalu dan sekarang (sedang terjadi) adalah penelitian deskriptif ( to describe = membeberkan/ menggambarkan). Penelitian dilakukan terhadap variabel masa yang akan datang adalah penelitian eksperimen.

Secara ringkas ciri-ciri karya tulis ilmu pengetahuan yang non-ilmiah adalah:

1.     Menyajikan fakta pribadi yang sifatnya subjektif. Karya tulis  ilmu pengetahuan yang non-ilmiah tidak mengemukakan aplikasi hukum alam yang berlaku pada situasi yang spesifik. Karya tulis  ilmu pengetahuan yang non-ilmiah itu memuat praduga, emosi, prasangka, perasaan, dan seterusnya. Kesemuanya adalah fakta pribadi, yang tidak dapat diperiksan kebenarannya.

2. Usulan-usulan berupa terkaan-terkaan dan mengharapkan efek seperti yang dikehendaki penulis.

3. Kadang-kadang kata-kata yang dimuat sukar dikenali, dan alasan-alasan yang dikemukakan mendorong atau mengajak pembaca untuk menarik kesimpulan seperti yang dikehendaki penulis.

4. Pandangan pandangan penulis tidak didukung oleh fakta umum, dan memancing pertanyaan-pertanyaan yang bernada keraguan.

5. Topiknya dapat bervariasi tetapi semua informasi diperoleh dari apa yang dipikirkan seseorang.

6. Karya tulis  ilmu pengetahuan yang non-ilmiah itu umumnya berisi usulan usulan yang argumentatif. Oleh karena karangan-karangan itu ditulis berdasar fakta pribadi, maka fakta itu tidak mungkin berbicara sendiri.

7. Karya tulis  yang non-ilmiah itu bersifat persuasif, berisi kayakinan-keyakinan penulis yang mendorong pembaca untuk mengubah pendapatnya melalui ajakan, padahal keyakinan itu sendiri tidak ilmiah.

8. Karena penulis karya tulis  non-ilmiah itu bermotif mementingkan diri sendiri, maka penulis sering melebih-lebihkan sesuatu. Semua karya tulis  ilmu pengetahuan itu ditulis berdasar fakta. Karya tulis  yang ditulis berdasar fakta umum adalah karya tulis  ilmu pengetahuan yang ilmiah, sedangkan yang ditulis berdasar fakta pribadi disebut karya tulis ilmu pengetahuan yang non-ilmiah.

Macam-macam karya non ilmiah :

1.      Dongeng

Merupakan suatu kisah yang diangkat dari pemikiran fiktif dan kisah nyata, menjadi suatu alur perjalanan hidup dengan pesan moral yang mengandung makna hidup dan cara berinteraksi dengan mahluk lainnya.

2.      Cerpen

     Suatu bentuk naratif fiktif. Cerita pendek cenderung padadan langsung pada tujuannya dibandingkan karya-karya fiksi yang lebih panjang.

3.      Novel

         Sebuah karya fiksi prosa yang tertulis dan naratif. Biasanya dalam bentuk cerita.

4.      Drama

         Adalah suatu bentuk karya sastra yang memiliki bagian untuk diperankan oleh actor.

5.      Roman

        Adalah sejenis karya sastra dalam bentuk prosa atau gancaran yang isinya melukiskan perbuatan pelakunya menurut watak dan isi jiwa masing-masing.

       Itu lah beberapa penjelasan mengenai karya non ilmiah, saya selaku penulis meminta maaf apabila ada kekurangan atau kesalahan dalam penulisan ini. Penulis berharap tulisan atau artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya

Referensi :

http://viallyhardi.wordpress.com/2011/02/22/karya-non-ilmiah/
http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2023808-pengertian-penelitian-ilmiah-dan-non/#ixzz2AlhAuRyP
http://ejournalonline.wordpress.com/2012/05/29/ciri-ciri-karya-tulis-ilmiah/



Terima kasih

No comments:

Post a Comment