Monday, October 29, 2012

Karangan Semi Ilmiah

       Pada tulisan saya sebelumnya, saya telah membahas tentang karangan ilmiah. Maka pada tulisan saya kali ini saya akan membahas tentang karangan semi ilmiah. Sebelum kita membahas lebih lanjut, pertama-tama mari kita bahas tentang pengertian karangan semi ilmiah.


Pengertian Karangan Semi Ilmiah

       Karangan semi ilmiah atau karya tulis semi ilmiah merupakan sebuah penulisan yang menyajikan fakta dan fiksi dalam satu tulisan yang ditulis dengan bahasa konkret dan formal, kata-katanya teknis dan didukung dengan fakta umum yang dapat dibuktikan kebenarannya. Karya tulis ini juga merupakan sebuah penulisan yang menyajikan fakta dan fiksi dalam satu tulisan dan penulisannya tidak semiformal tetapi tidak sepenuhnya mengikuti metode ilmiah yang sintesis-analitis karena sering dimasukkan dalam karya tulis ini. 
       Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa karya tulis semi ilmiah adalah karya tulis yang isinya menyajikan fakta dan fiksi tetapi di kemas dengan tidak formal. Selain itu, penulisannya tidak sistematis dan analitis seperti karya tulis ilmiah. Bisa juga dikatakan bahwa gaya dan struktur penulisan karya tulis semi ilmiah merupakan gabungan antara karya ilmiah dan non-ilmiah.


Ciri-ciri karangan semi ilmiah atau ilmiah popular, yaitu:

•    Ditulis berdasarkan fakta pribadi
•    Fakta yang disimpulkan subjektif
•    Gaya bahasa formal dan popular
•    Mementingkan diri penulis
•    Melebih-lebihkan sesuatu
•    Usulan-usulan bersifat argumentative, dan
•    Bersifat persuasive


Macam-Macam Karya Tulis Semi Ilmiah

•    Artikel, adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

•    Editorial atau tajuk rencana adalah opini yang berisi pendapat dan sikap resmi suatu media sebagai institusi penerbitan terhadap persoalan actual, fenomenal, atau controversial yang berkembang di masyarakat. Opini yang ditulis pihak redaksi diasumsikan mewakili redaksi sekaligus mencerminkan pendapat dan sikap resmi media yang bersangkutan.
•    Opini,adalah pendapat, ide atau pikiran untuk menjelaskan kecenderungan atau preferensi tertentu terhadap perspektif dan ideologi akan tetapi bersifat tidak objektif karena belum mendapatkan pemastian atau pengujian, dapat pula merupakan sebuah pernyataan tentang sesuatu yang berlaku pada masa depan dan kebenaran atau kesalahannya serta tidak dapat langsung ditentukan misalnya menurut pembuktian melalui induksi. (Lihat: simbol logis pada Induksi matematika).Opini bukanlah merupakan sebuah fakta akan tetapi jika dikemudian hari dapat dibuktikan atau diverifikasi maka opini akan berubah menjadi sebuah kenyataan atau fakta.

•    Feuture, adalah tulisan hasil reportase (peliputan) mengenai suatu objek atau peristiwa yang bersifat memberikan informasi, mendidik, menghibur, meyakinkan, serta menggugah simpati atau empati pembaca

•    Reportase, adalah laporan lengkap ataupun interpretatif (telah disajikan sebagaimana dianggap penting oleh redaksi pemberitaan) ataupun berupa pemberitaan penyelidikan (investigatif reporting) yang merupakan pengkajian fakta-fakta lengkap dengan latar belakang, trend/ kecenderungan, yang mungkin terjadi pada masa mendatang..


       Begitulah penjelasan tentang karya tulis semi ilmiah. Semoga tulisan saya bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.  


Sumber:
http://restyucul.blogspot.com/2012/03/karya-tulis-ilmiah-semi-ilmiah-dan-non.html
http://iiam.blogdetik.com/2012/10/19/perbedaan-bahasa-indonesia-dalam-segi-tataran-ilmiah-semi-ilmiah-dan-non-ilmiah/
http://vanitayosi.blogspot.com/2011/10/wacana-pemanfaatan-bahasa-indonesia.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Artikel
http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com
http://edukasi.kompasiana.com/2010/09/28/feature/
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemberitaan

No comments:

Post a Comment