Friday, October 15, 2010

ILAB

Pengenalan ILab
Usia mahasiswa yang mulai beranjak dari masa remaja menjadi masa dewasa, perlu diisi dengan pembelajaran sikap-sikap kedewasaan. Salah satu sikap kedewasaan adalah bertanggung-jawab pada dirinya sendiri. Masa depannya adalah tanggung-jawabnya sendiri, karenanya setiap mahasiswa harus memiliki sikap “tidak membuang-buang waktu” untuk hal-hal yang tidak membawa manfaat bagi dirinya. Kesalahan dalam bersikap akan membawa konsekuensi yang harus dipertanggung-jawabkan pada dirinya.
Terkait dengan sikap bertanggung-jawab di atas adalah sikap kemandirian. Kita tidak boleh atau tidak dapat menyerahkan masa depan kita pada orang lain. Sedikit-banyak, masa depan kita tergantung pada apa yang sedang kita lakukan saat ini. Karenanya, saat ini kita harus berbuat sesuatu yang dapat membantu pencapaian cita-cita masa depan. Untuk itu setiap mahasiswa harus memiliki komitmen pada diri sendiri, mana yang perlu atau harus dilakukan dan mana yang tidak perlu atau tidak harus dilakukan. Memang, tidak semua keinginan kita dapat terwujud, karena setiap manusia pasti memiliki kendala atau kekurangan. Karenanya, kita perlu memiliki strategi, prinsip, dan keyakinan diri agar dengan adanya kendala apapun, cita-cita masa depan pasti akan terwujud.
Dengan konsep kemandirian dan strategi pembelajaran kedewasaan, mulai tahun akademik PTA 2008/2009, iLab hadir bukan hanya sekadar tempat praktikum, namun lebih dari itu, ILab menempa setiap praktikan agar memiliki pribadi yang mandiri dan memiliki sikap tanggung-jawab yang tinggi atas (keputusan yang diambil oleh) dirinya sendiri.
Berbeda dengan laboratorium komputer regular yang dimiliki oleh setiap program studi, konsep dari iLab adalah praktikum mandiri. Praktikan mengerjakan praktikum secara mandiri, tidak ada asisten praktikum seperti di laboratorium reguler lainnya yang biasanya diminta membantu para praktikan jika ada kesulitan. Semua perintah, langkah-langkah pengerjaan praktikum, dan permintaan jawaban atas suatu persoalan yang berkaitan dengan praktikumnya, dapat dilakukan melalui terminalnya masing-masing.
Meski secara konsep berbeda, namun demikian, para mahasiswa peserta praktikum (praktikan) yang diperkenankan praktek di iLab adalah mahasiswa yang ditunjuk atau ditentukan oleh pejabat laboratorium komputer di setiap program studi.

Menu yang tersedia  adalah   
·         Ilab
·         Praktikum
·         Administrasi
·         Registrasi kelas 1

Saya akan menjelaskan satu persatu tentang menu-menu yang terdapat di dalam ilab.

v  ILAB
Di dalam menu ilab terdapat beberapa sud menu yaitu :
1.pengenalan ilab
2.tata tertib
·         tata tertib memasuki ruangan ilab
·         tata tertib berpakaian
·         prosuderal keikutsertaan praktikum

v  PRAKTIKUM
Di dalam menu praktikum terdapat beberapa sub menu yaitu :
1.Totarial praktikum
·         Pra praktikum
·         Login
·         Pretes
·          lab activity
·         Post test
·         Ubah jadwal
·         logout
           
2.Modul praktikum
·         LAB SI
·         LAB TI
·         LAB AKUTANSI
·         LAB MANEJEMEN


v  ADMINISTRASI
Di dalam menu administarsi terdapat beberapa submenu yaitu :
1.donwload jadwal
·         Skema jadwal pratikum
·         Jadwal per kelas dan non pratikum
2.sistem penjadwalan pratikum
·         Tata tertib penjadwalan
·         System penjadwalan
·         Praktikum pengganti
·         Sesi praktikum
·         Keterlambatan


v  REGISTRASI KELAS 1
Di dalam menu registrasi kelas 1 terdapat beberapa submenu yaitu :
1.prosedur praktikum ilab untuk kelas 1
2.registrasi untuk kelas 1
3.cetak kartu praktikum

Adapun link yang terkait adalah http://www.ilab.gunadarma.ac.id


TERIMA KASIH

No comments:

Post a Comment